10 Makanan yang Baik Bagi Kulit

Sebagai wanita, walaupun jarang merawat diri, tapi aku suka mengumpulkan info-info perawatan alami, lho! Dan sekarang aku lagi cukup rajin untuk merawat kulit dengan bahan-bahan alami. Kenapa? Karena jelas, lebih mudah dan terjangkau daripada membeli produk-produk perawatan kulit, tentunya. Tidak menimbulkan efek samping jika tidak cocok juga. Karena pada dasarnya ini adalah produk yang biasa dikonsumsi harian. Apa sajakah itu?

1. Mangga

Tahu nggak kenapa warna daging buah mangga itu begitu menarik dan membuat air liur membanjir? Buah mangga mamiliki zat beta-karoten yang tinggi, dan berfungsi untuk membentuk vitamin A yang penting bagi kesehatan mata dan kulit. Buat kamu yang pengen mengobati jerawat, buah manggai ini bagus, lho! 😀

Dan antioksidan dalam kadar tinggi di buah mangga ini sudah mencukupi 80% kebutuhan vitamin A harian, yang nantinya akan meregenerasi sel-sel yang rusak dan menjaga sel-sel tersebut supaya tetap sehat.

Mangga
Mangga

2. Ikan berminyak

Minyak Ikan dengan Omega 3 (sumber: http://mnn.com)
Minyak Ikan dengan Omega 3 (sumber: http://mnn.com)

Yaa, ikan berminyak disini artinya ikan yang bisa menghasilkan minyak ikan yang berguna bagi tubuh. Contohnya : minyak ikan Cod! Tapi yang jelas, bukan ikan kalengan lho ya… 😛 Ikan-ikan ini seharusnya yang memilliki asam lemak yang dapat membuat kulitmu lembab dan memperlambat proses regenerasi sel-sel kulit dan penuaan dini pada kulit. Tapi kamu harus mengkonsumsinya secara rutin, 3 kali dalam seminggu.

3. Kacang Almond

Kacang Almond (sumber: http://mnn.com)
Kacang Almond (sumber: http://mnn.com)

Kacang almond memenuhi 150% kebutuhan vitamin E harian. Dan tanpa aku sebutkan bahwa makanan ini baik bagi tubuh, kamu pasti sudah mengerti. Ya iyalah, kandungan vitamin nya aja udah sampe 150% gituh! :p

4. Buah Berry

Berbagai macam buah Beri (sumber: http://fona.com)
Berbagai macam buah Beri (sumber: http://fona.com)

Semua jenis buah Berry, baik itu Blackberry (bukan produk RIM, lho! :p), Raspberry, atau Blueberry memiliki 2 jenis antioksidan : Vitamin C dan E. Keduanya menjaga agar kulit tetap sehat dan indah. Vitamin C adalah penyimpan, artinya ia memproduksi collagen, yang membuat kulitmu terihat bercahaya dan lembut. :*

5. Alpukat

Alpukat setengah matang, enak untuk dicampur ke salad (sumber: http://rd.com)
Alpukat setengah matang, enak untuk dicampur ke salad (sumber: http://rd.com)

Alpukat punya banyak zat yang baik bagi kulit, sekalipun kamu menganggapnya kurang baik. Alpukat memiliki kandungan vitamin E yang tinggi, kandungan lemak tak jenuh yang membantu melembutkan kulit. Jadi, kalau kamu suka makanan bernama “Guacamole Dip” , Selamat! Karena kamu sudah mau melakukan hal baik untuk kulitmu.

6. Kentang Panggang

Kentang panggang yang dibumbui Rosemary (sumber: http://irishbeef.co.uk)
Kentang panggang yang dibumbui Rosemary (sumber: http://irishbeef.co.uk)

Memakan satu buah kentang panggang memberimu 75% dari total kebutuhan tembaga dalam diet harian kamu. Tembaga yang dimaksud disini adalah semacam zat besi yang nantinya akan bekerja dengan zat Besi itu sendiri dan vitamin C untuk membentuk jaringan elastic yang membentuk susunan kulit kamu.

7. Roti Gandum atau Tawar

Roti gandum (sumber: http://eatthis.com)
Roti gandum (sumber: http://eatthis.com)

Produk makanan yang terbuat dari gandum sangat penting bagi tubuh karena sesuai dengan kesehatan pencernaanmu. Kalau ada masalah dengan kesehatan pencernaanmu, maka nanti akan terjadi masalah juga dengan pembuanganmu. Dan kalau itu terjadi, tubuhmu bisa dipenuhi oleh racun, termasuk kulitmu. Dan racun itu akan terlihat JELAS di kulitmu!!

8. Teh Hijau

Matcha atau Teh Hijau (sumber: http://thedailycrisp.com)
Matcha atau Teh Hijau (sumber: http://thedailycrisp.com)

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan bernama catechins yang bisa memperlambat proses penuaan dini dan memerangi virus, sebagai bonus tambahan. Teh hijau juga memiliki zat anti-peradangan yang membantu melindungi sel-sel kulitmu dan tentu saja mengurangi resiko kanker kulit.

9. Tiram

Oyster atau Kerang Tiram (sumber: http://pexels.com)
Oyster atau Kerang Tiram (sumber: http://pexels.com)

Kerang tiram memilik kandungan zat besi yang tinggi. Dan jika dikombinasikan dengan vitamin C, akan membantu menaikkan produksi zat elastin. Zat elastin adalah protein yang sangat penting bagi kulit.

10.  Bayam

Bayam Hijau (sumber: http://gardeningknowhow.com)
Bayam Hijau (sumber: http://gardeningknowhow.com)

Bayam adalah sayur kesukaanku! Percaya atau nggak, bayam itu baik sekali bagi tubuh. Bayam memiliki kandungan yang tinggi dalam vitamin A, C, dan E. Bayam juga memiliki kandungan zat-zat besi yang tinggi, membantumu memiliki kulit yang sehat dan bercahaya.


Sebagian besar dari makanan diatas mudah sekali untuk didapat. Tersedia dari supermarket hingga pasar tradisional atau bahkan tukang sayur keliling komplek rumah. 😀 Menambahkan makanan-makanan tersebut kedalam daftar menu diet harianmu akan membantu menjaga kesehatan dan keindahan kulitmu, juga memperlambat proses penuaan dini! 😎  Nggak perlu lah punya kulit putih, asal kulitmu sehat dan bercahaya, kamu akan tetap cantik! Karena kecantikan yang abadi itu terlihat dari hati, bukan hanya dari wajah atau penampilan.  😳

SaveSave

Author: Retno Ika

I'm an urban farmer and also Chief of Product in Tanibox. Gardening helps me to have a peace of mind, supply fresher foods for my family, and bring happiness to my life.

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.